Jumat, 06 April 2012

Sejarah Kali Code

Kali Code merupakan salah satu sungai yang terkenal di Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta menganggap Kali Code sebagai sungai yang mata airnya berasal dari kaki Gunung Merapi. Selain itu, Kali Code juga selalu menjadi tempat aliran lahar dingin saat Gunung Merapi meletus. Pada zaman dulu, kawasan bantaran Kali Code adalah kawasan untuk menampung air banjir lahar dingin merapi, namun seiring dengan berjalannya waktu, penduduk Yogyakarta semakin padat dan akhirnya kawasan bantaran Kali Code yang awalnya adalah lahan kosong untuk banjir telah dipadati oleh penduduk.


Salah satu daerah di bantaran Kali Code yang terkenal adalah Kampung Jagalan. Kampung Jagalan terkenal karena dulu di daerah ini terdapat banyak sekali tukang jagal sapi, maka dari itu kampung ini bernama Jagalan. Namun ada yang berpendapat lain, beberapa warga menganggap nama Jagalan itu diambil dari pendiri daerah Jagalan yang bernama Kyai Jaga. Di daerah Jagalan ini terdapat sebuah situs kuno yang bernama Kursi Kyai Jaga. Kursi itu dipercaya merupakan kursi yang dipakai oleh Kyai Jaga. Jika ada masyarakat Jagalan yang akan menikah atau sunatan, mereka akan melakukan sowan  kepada Kyai Jaga melalui kursi tersebut.



Saat ini kampung Jagalan masih terkenal karena banyak masyarakatnya yang bekerja di bidang kuliner dan berjualan daging sapi. Salah satu kuliner yang terkenal di daerah Jagalan adalah ayam goreng Mbok Sabar dan ayam goreng dan bebek goreng Co-De. Banyak masyarakat Yogyakarta yang berkunjung untuk menikmati ayam goreng khas Code. Jika anda penggemar kuliner daging, maka Kampung Jagalan ini adalah tempat yang tepat bagi anda untuk memuaskan hasrat kuliner anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar